Sebagai pemilik online shop, saya begitu menyadari bahwa biaya pengiriman sangat berpengaruh pada penjualan produk. Dulu pernah ada pelanggan saya yang belanja dan ongkirnya tiga kali lipat dari harga barang dan tetap diambil. Padahal harga barang hanya belasan ribu. Saya pun nge-DM dia dan menyarankan untuk menggunakan fitur potongan ongkir agar lebih ringan. Sayang sekali ya, saat belanja tapi berat di ongkir.

Dulu saat lapak marketplace saya baru buka, pernah ada pembeli yang menyarankan agar toko saya didaftarkan ke gratis ongkir agar ia lebih ringan bayarnya. Karena sebelumnya ada calon pembeli yang batal belanja karena terbebani ongkir.

Baca Juga :

  1. Baru Sebentar Sudah Laris, Ini Dia 11 Tips Dari Saya Jualan di Shopee! Dicoba Aja Dulu
  2. Pemasaran Tradisional Tak Lagi Efektif! 4 Hal Buruk Ini Bisa Terjadi Jika Bisnis Tidak Segera di Onlinekan
  3. Hari Jualan Online Langsung Laris, Ini 7 Tips yang Saya Lakukan ! Dicoba Saja Dulu
  4. Masih Ragu Jualan di Blibli.com ? 3 Fitur Ini akan Berikan 9 Keuntunggan Untuk Lonjakan Pesananmu
  5. Terbukti Menghasilkan! Ini 4 Cara Saya Mendapatkan Uang dari Internet Saat Pandemi Corona. Mau Coba Yang Mana?

Kemudian pernah juga ada pembeli yang khawatir belanja karena sepertinya ia masih awam. Dan kemudian setelah ia bernegosiasi dan meminta bantuan dari kerabat, ia memilih layanan COD (Cash on Delivery) atau bayar di tempat. Untung saja lapakku sudah mendukung COD. Deal deh, jadinya.

Jualan onlineku berupa tali layang-layang. Dokpri

Fitur COD memang memudahkan. Terutama bagi mereka yang khawatir barang tidak sampai atau khawatir akan penipuan. Dengan fitur COD, pembeli bisa membayar ke kurirnya ketika barang sampai.

J-Express adalah jasa pengiriman atau brand logistik yang akan mendukung bisnis online Anda. J-Express berdiri pada tahun 2015 dengan di awali tujuh orang kurir. Pada tahun 2016, perusahan ini memindahkan distribution center ke kawasan Cimanggis untuk menambah kapasitas warehouse dari 100 paket menjadi 2.000 paket per harinya dan membuka 60 drop point pertamanya. Dan untuk saat ini sudah merambah ke kota lain selain Jakarta (Kawasan Industri Marunda) sebagai distribution center-nya. Seperti di Semarang, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Pontianak, dan Medan.

Kemudian pada tahun 2017, J-Express mulai berkembang dengan fokus melayani berbagai marketplace seperti JD.ID, Lazada, Berrybenka, Sociolla, dan sebagainya, dan didukung oleh sistem bernama iTMS dari JD.Com.

Lalu pada tahun 2018, ia mulai memperluas bisnisnya dengan bertransformasi menjadi solusi pengiriman e-commerce, dan kembali menambah kapasitas pengiriman dan infrastruktur, mengalihkan sistem layanan dari iTMS ke Blue Dragon, serta menambah layanan pengiriman jumlah besar (bulky delivery).

Dan pada tahun 2019, ia menjadi bagian dari PT Aplkiasi Karya Anak Bangsa atau yang kita kenal sebagai GO-JEK, dan melakukan berbagai pembaruan di segala aspek. Kemudian pada 2020 kemarin, ia memperluas segmen target marketnya dan memperluas layanan COD dengan menambahkan layanan CSOD atau Card Swipe on Delivery. Ini akan dijelaskan nanti.

Memangnya apa saja sih, layanan pengiriman J-Express ini?

Ada tiga layanan utama dari J-Express ini, yaitu:

1. Reguler: Yaitu jenis pengiriman menggunakan tarif reguler dengan sistem pembayaran bank transfer, bisa ATM atau m-banking.

2. COD: Yaitu jenis pengiriman dengan bayar di tempat. Pembeli baru akan membayar jika barang sudah sampai. Bayarnya ke mana? Ke kurirnya, dong. Dengan begitu, pembeli akan dimudahkan. Efeknya ke penjual apa? Karena target marketnya lebih luas, terutama bagi mereka yang masih awam atau takut belanja online. Dan juga mereka yang belum memiliki rekening bank atau yang tidak paham transaksi online. Dengan begitu pembeli jadi makin banyak.

3. CSOD (Card Swipe on Delivery): Yaitu fitur COD di mana pembeli bisa membayar menggunakan kartu debit atau kredit. Buat yang kadang masih bingung, kartu debit itu kartu ATM yang kita pakai sehari-hari itu, bukan? Iya betul. Jadi, pembeli bisa membayar secara cashless pada kurir dengan cara card swipe atau gesek kartu pada mesin EDC yang dibawa kurir.

Cara ini akan memudahkan jika pembeli sedang tidak ada uang cash. Mudah banget, kan? Kelebihan COD/CSOD J-Express adalah pencairan dana COD lancar, fee COD murah, serta uang pembayaran dari pembeli dijamin keamanannya. Infografis tentang COD dan CSOD bisa kalian lihat di bawah ini.

4. J-Express juga membekali seller dengan fitur seller dashboard, website, dan aplikasi tracking bagi klien yang sudah bekerjasama. Fitur ini dapat digunakan untuk berbagai macam operasional seperti request pick-up, dan aplikasi khusus untuk kurir.

Memangnya kenapa sih, pebisnis online harus menggunakan J-Express untuk melonjakkan bisnisnya? Ada beberapa alasan untuk ini, di antaranya:

1. Pelayanan memuaskan baik untuk pengiriman maupun tanggapan pelanggan.

2. Merupakan perusahaan multinasional yang berada di bawah naungan perusahaan besar, yaitu JD.ID dan juga GO-JEK.

3. Tingkat kesuksesan pengiriman intracity (Jabodetabek) JX Indonesia mencapai 96% dan intercity (luar kota) mencapai 87%.

4. Mendukung fitur COD dan CSOD seperti yang sudah saya jelaskan tadi.

5. J-Express sudah melayani fitur pick-up atau jemput barang tanpa minimal jumlah paket dan tanpa dikenakan biaya tambahan lagi. Jadi, penjual bisa request penjemputan barang sehingga tak perlu lagi keluar rumah. J-Express sendiri juga sudah mendukung 6 warehouse atau gudang, 250 lebih drop point, dan lebih dari 3.000 kurir, dan pengiriman setiap hari akan dibantu monitor oleh tim dedicated Sales. Dan tentu saja ia juga sudah mendukung website, aplikasi, baik Android atau iOS, sehingga semua hal tentang pengiriman seperti tracking paket jadi lebih mudah.

6. J-Express atau JX Indonesia ini lagi ada promo #SERBU (Serba Enam Ribu). Yaitu promo ongkir ke mana saja bayarnya #Serba6Ribu. Ini adalah sebagai bentuk komitmen J-Express pada pelanggan agar bisnis online semakin berkembang. Untuk syarat dan ketentuan promo ini, yaitu:

Area pick-up dan pengiriman untuk promo #SERBU ini berlaku untuk cakupan area di bawah ini:

– Origin Jawa – tujuan Jawa
– Origin Sumatera Utara – tujuan Sumatera Utara
– Origin Kalimantan Barat – tujuan Kalimantan Barat
– Origin Kalimantan Timur – tujuan Kalimantan Timur
– Origin Makassar – tujuan Makassar
– Origin Padang – tujuan Padang
– Origin Pekanbaru – tujuan Pekanbaru
– Origin Palembang – tujuan Palembang

Note:

1. Di luar area di atas akan berlaku harga normal

2. Promo di atas hanya berlaku untuk paket reguler dan bukan big item dengan berat maksimum 10 kilogram, baik itu berat dalam timbangan atau konversi dalam dimensi P 39cm x L 39 cm x T 39 cm.

3. Untuk jenis barang yang dikirim kecuali makanan, frozen food, tanaman hias, barang pecah belah, hewan peliharaan, ataupun jenis barang yang dilarang dikirim sesuai peraturan yang ada.

4. Promo ini berlaku untuk penjual baru ataupun lama

5. Promo #SERBU ini tidak dapat digabungkan dengan promo lainnya.

6. Promo ini berlaku sampai dengan 31 Maret 2021 dan merupakan bentuk dedikasi J-Express sebagai #temanonlineseller agar bisnis semakin melonjak naik. Aliasnya promo ini hanya dapat digunakan dalam periode waktu tersebut dengan mendaftar lewat website www.j-express.id/business-register.

Layanan promo #SERBU ini meliputi yang sudah saya sebutkan tadi, yaitu COD, CSOD, dan gratis pick-up tanpa minimum jumlah paket dan tidak ada biaya tambahan lagi. Untuk informasi COD lain dari #JXIndonesia ini bisa kepoin Instagramnya di @jx.indonesia.