Terbukti Menghasilkan ! Ini 4 Cara Saya Mendapatkan Uang dari Internet Saat Pandemi Corona. Mau Coba Yang Mana?

Bukan hanya uang. Tapi berbagai benda menarik bisa saya dapatkan. Mulai dari voucher belanja, sepatu, tas, note, dsb. Oiya, saya juga ada cerita dari seorang teman. Ia hanya seorang buruh tukang, tamat SD, namun multitalent karena bisa berpenghasilan hingga jutaan rupiah lewat internet dengan smartphonenya. Dan itu rutin setiap bulan. Penasaran ? Baca yuk sampai selesai.

Suatu pagi di masa pandemi corona ini, saya pernah dibuat terkejut dengan notifikasi di handphone saya, bahwa saya mendapatkan pesanan produk jualan online yang jumlahnya lumayan banyak. Saya pun segera kasih tahu istri dan dia sangat mendukung karena jualan saya terus berkembang.

Selang beberapa minggu setelahnya, saya kembali mendapatkan pesanan yang jumlahnya lebih banyak lagi, hingga saya harus meminjam modal untuk jualan saya ini. Saya merasa sangat bersyukur atas semuanya. Terlebih karena ini terjadi di masa sulit seperti ini.

Ya ! Internet memang seperti pisau bermata dua. Di satu sisi menguntungkan, di sisi lain menjerumuskan. Nah, di masa pandemi corona ini, ekonomi menjadi sulit. Banyak sekali pengangguran dan PHK massal. Bahkan tindak kriminal di kota saya, kerap kali terjadi beberapa bulan yang lalu.

Untuk saya sendiri, pun merasakannya. Kerjaan menjadi jarang. Kalaupun ada, penghasilan juga turun hampir 50% dari sebelumnya. Apalagi sebagai seorang freelancer yang memiliki tanggung jawab keluarga, apapun yang terjadi, dapur harus tetap ngebul karena kehidupan terus berjalan.

Untuk itu, saya benar-benar memanfaatkan internet sebagai ladang mencari penghasilan dikala pandemi corona. Dan berikut ini adalah 4 cara yang saya lakukan untuk mendapatkan penghasilan di saat sulit seperti ini.

1. Jualan Online

Dua bulan berjalan ini, saya memiliki kesibukan baru yaitu jualan online. Jualan online ini saya lakukan karena pekerjaan menjadi sepi. Pandemi corona ini mendatangkan hikmah tersendiri bagi saya. Karena corona, orang-orang banyak dirumahkan, terutama anak-anak. Dan kebetulan di musim kemarau ini adalah musim bermain layang-layang.

Saya akan cerita sedikit ya.

Jadi, saya yang saat itu masih belum terlalu sehat, dokter menyarankan untuk tidak boleh spaneng dengan kerjaan. Karena sedikit saja spaneng, sakit lambung saya bisa kambuh. 

Dan seperti di awal saya tuliskan, kehidupan terus berjalan. Apalagi saya memiliki tanggung jawab sebagai kepala rumah tangga. Dan saya pun harus mencari cara, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan internet untuk berjualan online.

Produk yang saya jual yaitu tali atau kenur layangan, kerangka layangan, alat serut layangan buatan saya sendiri, dan mungkin nanti yaitu layang-layangnya juga. Awalnya saya pikir jualan ini akan sepi. Seperti yang saya lakukan sebelumnya karena sampai satu tahun tidak ada pembeli.

Nah, di masa pandemi corona ini, entah mengapa, baru sekitar 3 hari posting, langsung ada yang beli, hingga keterusan. Saya pun heran mengapa bisa begini ? Dan ternyata ini adalah momen yang pas. Karena di musim kemarau adalah musimnya bermain layang-layang, dan anak-anak banyak stay di rumah yang entah sampai kapan akan berakhir, menjadi moment yang pas untuk saya berjualan produk yang satu ini.

Untuk cara saya berjualan, hanya menggunakan sedikit tekhnik saja. Yaitu dengan menggunakan foto produk yang jelas dan jernih dari berbagai sisi. Kemudian saya edit sedimikan rupa hingga hasilnya meyakinkan. Dan mungkin karena saya sudah memiliki target market dalam sebuah fanspage facebook, pembeli menjadi lebih yakin akan profile saya. Dan selang beberapa hari pembeli langsung berdatangan.

Dan sekarang, saat ini saya masih terus berjualan. Setiap hari, saya bisa kirim rata-rata 6 item dan pernah hingga 40+ item terjual. Saya memang tak mengambil untung besar. Namun mungkin itulah, dari untung yang tak seberapa, justru pembeli ramai berdatangan. Kemudian tidak ada minimum pembelian. Karena beli satu barang pun saya layani dengan baik.

Walaupun saya jualan online, hobi nulis tentu tidak akan saya tinggalkan. Ya masa sih karena jualan online, pekerjaan nulis yang membesarkan nama saya, mau saya tinggalkan? Karena dari ngeblog saja, hasilnya juga belum pasti.

Dan ternyata pandemi corona ini juga berdampak pada pedagang besar tempat saya grosiran. Sang penjual mengatakan jika tahun ini, penjualan kenur meningkat hingga 50 juta lebih.

Dan Jika saya simpulkan untuk jualan online saya ini, karena saat ini musim kemarau di masa pandemi, yang mana anak-anak banyak stay di rumah untuk melakukan hobinya, tidak heran jika jualan saya laku keras. Dan tentu saja untuk produk lainnya, mungkin bisa menyesuiakan.

Memanfaatkan internet untuk mendapatkan penghasilan dengan jualan online. Dokpri

Resi hasil jualan online yang entah jumlahnya dan terus bertambah setiap harinya. Dokpri.

Paket siap kirim. Usaha makin maju bersama Exabytes Indonesia. Dokpri.

2. Blogging

Blog adalah cara utama saya mendapatkan penghasilan lewat internet. Namun karena saat ini masih pandemi corona, dampaknya pun terasa bagi saya yang seorang blogger. Tawaran menulis menjadi jarang. Kalaupun ada, tentu upahnya tidak seperti sebelumnya saat corona belum muncul karena turun hingga 50%. Namun tentu saja saya harus banyak akal. Caranya yaitu dengan lebih giat lagi mencari job nulis. Tidak hanya mengandalkan performa blog saja kemudian menunggu tawaran kerja. Tapi ini yang saya lakukan.

1. Mencari Job blogger via grup job blogger

Saat pandemi corona ini, saya lebih giat lagi mencari job nulis via grup job blogger. Baik itu grup facebook atau grup whatsapp. Di situ saya bisa update saat ada pekerjaan nulis. Baik itu berupa guest post atau review. Dari sini, hasilnya lumayan. Berapapun saya syukuri. Karena setiap bulan selalu ada saja yang kirim email atau WA untuk kasih kerjaan. Dan beberapa hari yang lalu, saya baru saja merombak tampilan blog saya menjadi lebih menarik (menurut saya). Dengan begitu, semoga saja banyak agency tertarik bekerjasama. Dan mungkin karena itulah, seringkali ada klien dari luar negeri meminta bekerjasama. Klik gambar di bawah untuk memperbesar.

Penawaran kerja di grup job blogger facebook. Dokpri

Tawaran kerja lewat email. Dokpri

Tawaran kerja lewat grup whatsapp. Dokpri

Penghasilan dari blog #1. Dokpri.

Penghasilan dari blog #2. Dokpri.

2. Mencari job blogger via situs influencer

Beberapa hari yang lalu, saya baru saja payout dari sebuah situs influencer Indonesia. Nominal yang terkumpul berasal dari beberapa artikel yang sudah dipublish. Di masa pandemi corona ini, saya semakin gencar untuk update situs influencer ini. Yah, biarpun rate jobnya tidak seadanya, namun cukup membuat dapur tetap ngebul. Saat ini saya aktif di 3 situs influencer. Satu di antaranya cukup menghidupi. Terlebih di masa pandemi corona yang serba sulit ini.

Tawaran kerja di situs influencer A. Dokpri

Berhasil payout di situs influencer B. Dokpri

3. Publish info lomba blog

Saya ini memang suka sekali ikutan lomba blog. Setiap bulan selalu ada saja lomba yang saya ikuti. Selain itu, saya juga suka berbagi info lomba blog dan saya tempatkan khusus di halaman teratas blog. Bahkan saya sudah menyiapkan faspage khusus lomba ini. Istilahnya saya mendedikasikan sedikit blog saya untuk lomba. Hingga pada suatu waktu, seseorang menghubungi saya untuk lomba blog yang sedang dilangsungkannya. Ya udah deh saya terima. Sebagai imbalannya, saya menerima uang elektronik. Lumayan bisa buat bayar listrik sebulan hehehe.

Publish info lomba. Sebagai gantinya dapat voucher belanja. Dokpri

3. Giveaway

Selama kurang lebih 6 bulan belakang ini semenjak pandemi corona melanda, saya tak pernah membeli token listrik dengan uang cash. Ini bener lho dan saya gak bohong. Melainkan karena saya sering menang giveaway berhadiah voucher belanja, dan bisa gunakan untuk membeli token listrik. Tentu saja ini sangat membantu. Saya begitu sadar, daripada internet digunakan untuk hal yang kurang bermanfaat, mending untuk mencari recehan saja. Contohnya giveaway.

Setiap hari, biasanya saya ikutan 2-4 giveway. Yah walaupun terlalu sering kalah karena seringkali pemenangnya diambil secara acak, tapi tidak ada salahnya dicoba. Apalagi karena caranya sangat mudah. Daripada buang-buang kuota, iya enggak? Lagian kalau udah rezeki juga tidak akan kemana. Iya kan? 

Dan memang benar. Selama pandemi corona ini, saya berhasil memenangkan beberapa giveaway. Hadiah seperti voucher belanja baik dalam bentuk kartu atau uang elektronik, berhasil saya dapatkan. Kemudian saya juga pernah menang pulsa, sepatu, tas, bantal, dsb. Lumayan banget pokoknya. 

Untuk voucher belanja, tentu bisa saya gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dan saat sedang menulis artikel ini, saya sempet galau karena pulsa listrik sudah mau habis dan saya lagi tidak bisa kemana-mana. 

 

Dan saya baru ingat kalau ternyata saya punya uang elektronik di hanpdhone saya hasil menang giveaway beberapa bulan lalu. Ya udah deh saya langsung beli. Alhamdulillah.

Bisa beli token listrik hasil giveway

Bisa beli token listrik hasil giveaway.Dokpri

Dan ternyata beberapa hari sebelumnya, saya menang giveaway lagi berupa uang elektronik. Uang elektronik ini bisa saya pakai untuk beli token listrik hingga 6 bulan kedepan huhuhu. Seandainya internet saya gunakan untuk hal kurang bermanfaat, tentu semua itu tidak saya dapatkan. Dan yang terpenting, ini cara termudah ketimbang cara saya yang lainnya. Karena sepertinya anak SD pun bisa. Gak harus pinter main internet. Lha wong cuma jawab pertanyaan sederhana, komen, follow, dan like. Gitu aja kok. Mudah banget, kan? 

Menang giveaway voucher belanja dan juga tas beserta note dan pulpen. Dokpri

Dapat sepatu dari giveaway. Dokpri

Menang giveway lagi berupa uang elekronik di twitter. Bisa buat beli listrik 6 bulan. Dokpri

Hasil giveaway bisa untuk belanja kebutuhan sehari-har. Dokpri

4. Youtube

Selain semua cara di atas, saya juga sedang membangun channel youtube. Channel ini dibuat berdasarkan hobi saya bermain layang-layang. Channel ini saya buat khusus agar lebih cepat berkembang. Hingga saat ini, subscriber terus bertambah jumlahnya. Dan mereka adalah orang yang memang satu hobi dengan saya. Artinya, mereka adalah pangsa pasar atau target market saya. Saya sangat antusias dengan channel ini.

Di channel ini, saya bukan hanya ingin mendapatkan adsense nantinya. Tapi sekaligus jualan. Aliasnya sekali mendayung dua pulau terlampaui. Ya ! Beberapa videonya berisi tips dan pembahasan mengenai sebuah produk. Dan pada deskripsinya, saya menaruh link pembelian tersebut.

Dan apa yang saya lakukan ternyata berhasil karena banyak orang menanyakan produk saya di kolom komentar. Ya udah deh saya jawab kalau link pembelian ada di deskripsi. Dan saya menebak jika pelanggan jualan online saya yang saya bahas pada point pertama, juga banyak datang dari youtube yang saya buat.

Kedepan saya masih akan terus membuat video lebih banyak lagi. Biarpun saat ini belum bisa dimonetisasi karena belum memenuhi syarat dan ketentuan, tapi sudah menyumbang keuntungan karena pelanggan ter-arahkan ke lapak jualan saya. Berikut disamping adalah beberpa komentar yang menanyakan barang jualan saya. Saya menjawab bahwa link pembelian ada di deskripsi. Nah, buat kalian yang punya produk atau jasa, bisa juga lakukan seperti apa yang saya lakukan.

Konten youtube yang sekalian jualan. Dokpri

Pengunjung yang menanyakan harga barang. Dokpri

Nah, itulah 4 cara saya memanfaatkan internet di masa pandemi corona untuk mencari penghasilan. Pengalaman ini juga saya bagikan via youtube. Berikut videonya. 

Pengalaman seorang teman yang memanfaatkan aplikasi untuk mencari penghasilan di internet.

Oiya, selain pengalaman pribadi, saya juga punya pengalaman dari seorang tetangga yang pandai memanfaatkan internet untuk mencari penghasilan. Terutama di masa pandemi ini. Sebut saja Ruly (bukan nama sebenarnya).

Jadi Mas Ruly ini begitu sadar bahwa internet jika digunakan untuk hal-hal kurang bermanfaat, hanya sia-sia saja. Dia pun seringkali mengajak teman-teman kerjanya memanfaatkan internet untuk mencari penghasilan. Karena ia bilang masih banyak teman-temannya yang menggunakan kuota hanya untuk hiburan semata. 

Ruly adalah seorang buruh tukang di perantauan dan hanya lulus sekolah dasar saja. Namun ia sangat pandai dalam pekerjaannya. Kabar terakhir saya dengar, ia sudah menjadi seorang mandor terpercaya. Saya pernah bekerja dengannya dan hasil kerjanya memang sangat rapih.

Walaupun pendidikan seadanya, yang bikin saya heran adalah karena ia cukup berwibawa dan berilmu. Pendiam tapi berilmu. Hal lain yang bikin kagum adalah karena ia cukup kreatif. Terutama dalam memanfaatkan internet.

Kemarin pas saya mampir ke rumahnya, saya banyak bertanya mengenai hobinya. Jadi selain mahir dalam pekerjaannya, dulunya ia adalah seorang anggota grup musik di daerahnya. Ia mengambil posisi sebagai gitaris, namun cukup mengerti tentang seluk beluk dunia musik atau tarik suara.

Nah, hobinya tersebut ia manfaatkan untuk mencari penghasilan di internet seusai bekerja, hanya melalui sebuah aplikasi bernama sm**e. Dia mulai bekerja seusia maghrib hingga pukul 10.00 malam. Oiya, kalau saya lihat, ia juga cukup pandai mengatur waktu. Ia tahu kapan waktunya bekerja dan kapan istirahat.

Ia bercerita, kalau lagi lancar, dalam sebulan ia bisa dapat 1 jutaan lebih. Lini pekerjaan yang ia kerjakan, awalnya ia ikut lomba menyanyi di aplikasi tersebut dan seringkali juara. Hadiahnya berupa uang tunai, pulsa, kaos, hingga microfon. Bahkan saya pernah tahu saat ia sedang menukarkan pulsa yang nilanya hampir 1 juta di sebuah warung.

Dan karena sering berpartisipasi, lama kelamaan ia didaulat menjadi jurinya dan itu terus berlanjut hingga sekarang. Untuk komisinya berkisar antara 200-500 ribu per event. Dalam satu bulan, ia bisa menjuri hingga 3 perlombaan.

Sementara untuk hadiahnya, ia mengatakan ada yang hingga 5 jutaan untuk juara pertama, bahkan sepeda motor. Dan yang pasti, setiap bulan ia selalu dapat penghasilan. Bahkan ia bilang jika kuota tak pernah ia beli dengan uang hasil kerjanya. Karena semua didapat dari sampingan ini. Ia juga mengatakan jika desember nanti diundang sebagai juri dalam sebuah event.

Selain menjuri, ia juga bikin song book. Song book ini semacam lirik lagu berjalan. Upahnya 25 ribu rupiah per item. Nah, yang bikin saya kagum lagi, ia juga bisa bikin desain cover, desain logo, bahkan membuat tabel excel hanya dengan sebuah aplikasi, yang katanya masih sulit dilakukan oleh rekan-rekannya.

Untuk desain logo, ia membuatnya dengan sebuah aplikasi. Jadi kalau saya lihat, ia begitu multi talent dan sibuk. Bahkan ia pernah bilang jika ia pernah sangat terbantu dengan pemasukan dari internet saat pekerjaan sedang sepi karena sedang nganggur di rumah.

Cerita yang cukup inspiratif, bukan?

Nah, kalau teman saya yang hanya lulus sekolah dasar saja bisa, kamu yang punya pendidikan cukup, tentu bisa dong. Pendidikan memang penting sih. Tapi sukses tidak diukur dari seberapa tinggi pendidikan seseorang, tapi dari niat dan kerja keras. Karena sejatinya, semua punya kesempatan yang sama. Yang membedakan hanyalah actionnya itu. Mau atau enggak? 

Jadi buat kalian yang saat ini masih memanfaatkan internet untuk hal kurang bermanfaat, saatnya temukan passion dan minatmu dengan memanfaatkan internet untuk mencari penghasilan. Terlebih di masa sulit seperti ini.

Kembali lagi ke cerita saya…

Untuk poin yang pertama yaitu jualan online, saya memiliki mimpi untuk membangun website landing page. Kebetulan saya sudah menyiapkan rancangan mengenai desain webnya yang saya buat sendiri dan juga nama domainnya nanti. Yaitu www.layanganku.com, dan sudah saya pesan di Exabytes Indonesia. Dan yang bikin saya kaget, saya dapat diskon 50 ribu, hingga saya hanya bayar 80.900 saja. Hemat pooolllll, kan ? 

Domain yang sudah saya pesan di Exabytes Indonesia. Semoga terwujud. Amin. Dokpri.

Untuk target martketnya, saya juga sudah memiliki fanspage yang hingga saat ini followernya sudah mencapai ribuan dan terus bertambah. Dengan strategi branding seperti ini, harapannya produk saya akan semakin dikenal luas. Dan tentu saja, cara ini juga merupakan bentuk keseriusan sebuah usaha dan simbol proffesionalitas. Sehingga orang-orang akan lebih percaya dan yakin akan sebuah usaha. Hasilnya, diharapkan traffic website akan semakin meningkat diikuti dengan penghasilan tentunya. Mau tau bocoran tampilan website saya. Lihat di bawah ini.

Preview Website layanganku.com

Preview Website Layangan

Dan, jika lomba ini menang dan saya mendapatkan Hosting Terbaik Indonesia dari Exabytes beserta domain murahnya, saya ingin merealisasikan website ini agar usaha saya semakin berkembang. Terlebih karena ini sebuah hobi. Yang mana seperti kita ketahui bersama, bahwa pekerjaan paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Jadi apapun yang terjadi, akan terus dilakukan.

Exabytes Indonesia adalah penyedia layanan hosting dan domain yang ditujukan baik untuk pribadi ataupun UMKM/UKM dan sudah berpengalaman lebih dari 15 tahun. Bukan hanya itu, di sini juga menyediakan banyak layanan lainnya, seperti Domain Murah, Email Marketing, Jasa Pembuatan Website, SSL, Website Builder, Email Bisnis Kapasitas Besar, dan banyak lagi yang lainnya. 

 

PRICING

Pilihan Paket Website

Note : Semua paket di bawah sudah hemat 70%. Dan jika upgrade ke Pro, bisa dapat gratis domain.

FEATURES

Mengapa Pilih Hosting dari Exabytes Indonesia?

Layanan Teknis Proffesional 24 jam 7 Hari

Exabytes Indonesia selalu siaga menjawab pertanyaan Anda kapanpun waktunya. Bisa dihubungi melalui telepon, tiket, chat langsung, email, ataupun WhatsApp. Tim proffesional Exabytes yang handal dan kompeten juga akan selalu menghalau kegiatan mencurigakan terhadap website Anda.

Garansi Uang Kembali dalam 100 Hari

Exabytes Indonesia menggaransi layanannya dengan 100 hari pengembalian uang. Jika Anda tidak puas, Anda boleh minta kembali uang Anda selama masa garansi.

Aktivasi Akun secara Otomatis

Layanan Anda akan segera aktif hanya dalam beberapa jam saja. Exabytes menyarankan untuk menggunakan pembayaran otomatis agar layanan Anda dapat segera diproses

Harga Terjangkau

Hanya dengan 15.000 per bulan, Anda sudah bisa memiliki hosting website sendiri. Untuk domain, hanya dengan 79.000 12.000 ribu saja untuk .my.id, dan 135.000 119.000 untuk .com, sudah bisa Anda miliki.

Pengalaman 18 Tahun pada Hosting dan Server Management

18 tahun bukanlah waktu yang sebentar. Selama itu pula, Exabytes telah membantu lebih dari 140.000 pelanggan di seluruh dunia. Artinya, dipastikan Anda akan mendapatkan layanan hosting terbaik, tercepat, terhandal, dan teraman untuk usaha Anda.

Garansi Network Uptime 99.9% Server Uptime 99.9%

Artinya, exabytes menjamin bahwa servernya minim sekali down. Sehingga website Anda akan selalu lancar saat diakses setiap saat untuk kelancaran bisnis dan usaha Anda.

Customer Service yang Ramah

Butuh bantuan memilih hosting atau yang baik untuk usaha Anda ? Atau butuh toko online untuk meningkatkan bisnis Anda ? Atau hanya sekedar ingin tanya seputar hosting dan sebagainya ? Apapun pertanyaan dan kebutuhan Anda, customer service Exabytes yang ramah akan siap membantu Anda

Memiliki Fitur Spam dan Penyaringan Virus

Semua orang tentu membenci spam. Itulah alasan mengapa Exabytes menginstall Spam Virus Filtering untuk memproteksi layanan milik pelanggan dari spam dan lampiran email yang berbahaya. Dan melalui Spam Assasin, pelanggan juga lebih mudah mendeteksi spam sebelum masuk ke dalam email. Sehingga akan lebih mudah untuk menghapusnya.

Dan sebenarnya masih ada banyak hal menarik dan keunggulan lainnya di Exabytes. Dan diatas adalah beberapa di antaranya. Oiya, exabytes juga sudah support aplikasi baik di play store ataupun app store. Ini dilakukan sebagai bentuk dan dedikasi maksimal kepada para pelanggannya. Dengan begitu, pelanggan akan lebih mudah mengakses layanan mereka dalam genggaman, kapanpun dimanapun.

Kabar gembira

Satu Aplikasi untuk Mengatur Semua Asset Digitalmu

mobile apps

Lebih Fleksibel Mengatur Layanan dari Genggaman Tangan

Solusi dalam genggaman tangan

Dengan aplikasi Exabytes Indonesia, apapun keluhan Anda akan lebih mudah terselesaikan melalui dukungan tim tekhnis proffesional dengan basic wawasan yang luas, selama 24 jam 7 hari, hanya melalui smartphone.

Support Aplikasi Exabytes Indonesia

 

Dapatkan penawaran menarik yang hanya tersedia di aplikasi

Nikmati promo dan hadiah ekslusifnya bagi pengguna aplikasi, termasuk cashback khusus dan juga voucher

Notification Aplikasi Exabytes Indonesia

Mengelola domain kini lebih mudah dilakukan kapanpun dimanapun

Mau memperbarui server untuk nama domain ? Kini lebih mudah dilakukan lewat aplikasi, kapanpun dimanapun.

Domain Management Aplikasi Exabytes Indonesia

Perpanjangan layanan jadi lebih mudah

Tidak perlu khawatir lagi terjadi gangguan pada layanan karena terlambat melakukan perpanjangan. Karena aplikasi ini akan melacak semua invoice yang masih aktif dan yang akan jatuh tempo melaui fitur reminders selama 24 jam 7 hari dan 365 hari.

Easy Renewal Aplikasi Exabytes Indonesia

Mendukung pembayaran non tunai

Tidak perlu repot transfer ke bank atau ATM. Melalui aplikasi ini, Anda dapat melakukan pembayaran cashless seperti kartu kredit, paypal, atau internet banking. Dan semua data akan disimpan dengan sangat aman.

Payment Aplikasi Exabytes Indonesia

Selain itu, Exabytes Indonesia juga banyak dipercaya oleh berbagai institusi, pemerintahan, lembaga pendididikan, dan sebagainya, dengan rating 4.1 dari 190 voting. Berikut beberapa diantaranya.

Lalu…..

What They’re Saying

Apa Kata Mereka tentang Exabytes Indonesia ?

Pengalaman menggunakan exabytes sungguh sangat memuaskan, dan yang paling saya sukai adalah bantuan 24 jam dari tim support yang sangat-sangat membantu saya dalam permasalahan pada blog saya. Intinya saya …

Mario bd

mariobd.com

1. Dari segi harga sangat bersaing
2. Untuk kebutuhan saya cukup terpenuhi
3. Untuk kecepatan cukup bagus, dan begitupun kualitasnya
4. Untuk pelayanan support sangat bagus dan cepat
5. Selama pelayanan kualitas tidak

PT. Plumpang Raya Anugrah

pra-group.com

Berdasar pengalaman memakai produk Exabytes untuk beberapa website usaha saya: Produknya exabytes variatif & cukup beda dgn yg lain, byk opsi yg sesuai kebutuhan pebisnis.

1. Kualitas: OK.
2. Tim teknis: OK, memahami & menangani masalah.
3. CS : OK, fast response. 

….

Manajemen Master Instant

Masterinstant.com

Penjelasan mengenai hosting exabytes juga saya bagikan dalam bentuk video. Silahkan ditonton. 

Kesimpulannya

Masa pandemi corona ini memang menyulitkan semua orang. Bahkan berita terkahir di Jakarta saya dengar, Jakarta akan diberlakukan PSBB secara total karena penyebaran virus corona yang tak terkendali. Memang sih saat ini kita hidup dalam fase new normal, yang mana aktivitas tetap bisa dilakukan, namun harus mematuhi protokol kesehatan.

Nah, buat kamu yang saat ini terdampak covid-19, memanfaatkan internet untuk hal produktif seperti apa yang saya dan teman saya lakukan, tentu merupakan langkah bijak karena kebutuhan harus tercukupi dan kehidupan terus berjalan. Karena hanya bermodalkan smartphone seharga ratusan ribu dan kuota saja, kamu sudah bisa produktif dan berpenghasilan lewat internet.

Note : icon mata uang pada vektor yang ada, dipinjam dari freepik.com. Selain itu merupakan karya asli penulis.