Aplikasi penggajian sangat dibutuhkan dalam bisnis. Aplikasi ini sering digunakan oleh HRD untuk bisa membuat penggajian lebih cepat dan hasilnya akurat.

Penggajian yang lambat akan membuat karyawan menjadi tidak puas dengan kinerja perusahaan, sehingga produktivitasnya menjadi menurun.

Kehidupan dan kinerja karyawan ini sangat tergantung dengan pemberian gaji yang diberikan rutin oleh perusahaan. Sehingga setelah mereka menyelesaikan kewajiban, hak mereka berupa gaji harus segera dibayarkan.

Baca juga : Manfaat Tes Psikometri di mettl.com untuk Perusahaan Anda

Keunggulan Aplikasi penggajian 

Penggajian ini tidak semudah yang dibayangkan karena prosesnya memakan waktu yang lama dan membutuhkan ketelitian yang tinggi.

Komponen penggajian harus diperhatikan dengan baik dimana komponen inilah yang akan membedakan gaji antara satu karyawan dengan lainnya. Ada beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi penggajian yang tepat seperti berikut ini:

1. Terintegrasi

Keunggulan pertama adalah terintegrasi. Dengan menggunakan software dan aplikasi khusus payroll ini, Anda akan bisa mengintegrasikannya dengan berbagai software yang di instal di perusahaan Anda seperti absensi karyawan, lembur, dan lain sebagainya.

Dengan adanya integrasi ini akan mudah bagi Anda dan perusahaan untuk mengetahui laporan kehadiran dan juga laporan lembur karyawan. Sehingga Anda bisa langsung mengkalkulasikan gaji karyawan-karyawan tersebut dan langsung bisa membayarkannya.

2. Mengurangi Kesalahan

Keunggulan dari aplikasi penggajian selanjutnya adalah mengurangi kesalahan yang diakibatkan oleh human error. Jika Anda masih mengandalkan cara manual maka hal tersebut tidak akan efektif dan juga efisien untuk bisnis Anda.

Human error bisa terjadi kapan saja dan Anda harus mengulang prosesnya dari awal sehingga hal ini akan merugikan Anda karena efisiensi waktu tidak bisa didapatkan di bisnis Anda. Anda hanya perlu menginputkan data yang harus Anda inputkan dan biarkan sistem ini yang akan bekerja untuk Anda.

3. Meningkatkan Produktivitas

Kelebihan selanjutnya adalah akan meningkatkan produktivitas. Tidak hanya karyawan saja yang akan mendapatkan produktivitas meningkat, namun HRD juga meningkat produktivitasnya.

Alasannya adalah dengan proses payroll yang semakin cepat dan akurat ini, HRD akan bisa fokus ke bagian yang lainnya seperti memanajemen karyawan, mengembangkan bakat karyawan, dan lain sebagainya. Yang mana secara tidak langsung akan membuat produktivitas perusahaan menjadi meningkat.

Baca juga : Pilihan Desain Terkini Meja Kantor

4. Lebih Hemat Biaya

Dengan aplikasi ini Anda akan lebih menghemat biaya. Jika dulunya Anda harus menangani penggajian karyawan harus melibatkan 5 karyawan dengan software ini, Anda hanya membutuhkan 1 sampai dengan 2 orang karyawan saja sehingga biaya untuk gaji karyawan bisa lebih hemat.

Dengan adanya fitur e-slip, Anda juga akan mengurangi biaya cetak slip gaji karyawan karena sudah tersedia di aplikasi tersebut.

5. Proses yang Lebih Sederhana

Keunggulan lainnya aplikasi ini adalah Anda akan mendapatkan proses yang lebih sederhana. Proses penggajian yang tadinya kompleks bisa disederhanakan sehingga tidak memakan waktu.

6. Menghitung BPJS dan Potongan Gaji

Keunggulan aplikasi penggajian yang terakhir adalah menghitung BPJS dan juga potongan-potongan yang dimiliki karyawan. Dengan aplikasi ini Anda juga akan bisa menghitung potongan tersebut secara akurat sehingga tidak ada selisih data yang dihasilkan.

Baca juga : 6 Kemudahan yang di Tawarkan SpotQoe dalam Mencari Ruang Kerja, Ruang Event, dan Ruang Meeting

Bagi Anda yang membutuhkan aplikasi untuk penggajian terbaik dan bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan, Anda bisa menghubungi Talenta. Talenta menyediakan software khusus penggajian yang akan memudahkan Anda dalam menggaji karyawan secara remote terlebih saat WFH seperti saat ini.

Dengan aplikasi dari kami Anda akan mudah menghitung pemberian insentif, transfer gaji ke rekening tanpa biaya admin, dan Anda bisa melakukan kustomisasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Aplikasi penggajian Talenta sangat aman sehingga Anda tidak perlu khawatir saat menggunakannya, hubungi Talenta untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Bagikan biar yang lain tahu