Memiliki sebuah usaha yang maju tentu merupakan dambaan semua orang. Usaha yang maju akan cepat mendatangkan keuntungan. Terlebih bagi UMKM atau pemilik usaha yang baru dirintis.

Usaha yang maju itu tergantung owner dalam mengelolanya. Umumnya mereka yang memiliki strategi dan manajemen yang bagus, baik itu dalam hal waktu, tenaga, biaya, dan sebagainya, maka suatu bisnis akan cepat mencapai target.

Nah, mengingat sekarang adalah jaman tekhnologi, mereka yang enggan update dan mengikuti perkembangan jaman, maka akan tertinggal. Contohnya dalam hal pencatatan transaksi.

Jika mungkin saat ini perekapan atau pembukuan suatu usaha masih banyak yang manual menggunakan buku dan pulpen, maka saat ini ada sebuah alat canggih terintegrasi yang dapat menggantikannya. Alat tersebut adalah Spots atau bisa disebut dengan Mesin EDC GoPay

Apa itu Spots ?

Spots adalah aplikasi kasir online (Points of Sale) untuk mengelola pesanan. Mesin EDC dengan kartu debit ini ditujukan untuk pemilik UMKM ataupun franchise, baik itu yang menjual produk ataupun jasa. Seperti cafe, restoran, kedai, barbershop, warung kopi, ataupun UMKM lainnya. 

Sebelumnya Spots hanya menggunakan GoPay sebagai alat pembayara, namun kini sudah menggunakan kartu debit dan cash, dan kedepan dapat menggunakan kartu kredit. 

Saat seorang pelanggan membayar menggunakan Spots ini, nantinya struk akan keluar karena mesin EDC GoPay ini juga berfungsi sebagai printer. 

Dengan alat ini, pemiliki usaha akan termudahkan karena berbagai macam keuntungan yang ditawarkan, di antaranya :

1] Meningkatkan omset penjualan karena mendukung fitur pembayaran cashless

Saat ini transaksi non tunai sudah mulai familiar hingga ke pelosok desa. Dan GoPay adalah salah satu dompet digital yang popular karena jumlah penggunanya cukup besar.

Nah, dengan Spots ini, diharapkan pelanggan akan semakin banyak seriring jumlah pengguna dompet digital yang semakin besar. Terlebih karena mulai Januari 2020 ini, Bank Indonesia telah menyeragamkan berbagai dompet digital hanya dengan satu barcode. Maksudnya, apapun dompet digitalnya baik itu GoPay, OVO, DANA, LinkAja, dsb, dapat digunakan untuk alat pembayaran hanya dengan satu barcode. Dan tentu ini adalah kabar baik untuk pemilik UMKM karena potensi penjualan akan semakin besar.

Baca juga : 

Sudah Coba QR Standar ? Berikut Testimoni UMKM beserta 4 Keunggulannya

Berbagi Pengalaman Menjadi Konsumen Cerdas di Era Digital

Cara Menggunakan Mesin EDC ini juga mudah, pembeli hanya tinggal membuka akun dompet digitalnya (GoPay), kemudian pemilik usaha akan menunjukan kode barcode, lalu scan, dan saldo akan berpindah ke akun penjual.

Dan seperti yang saya katakana diatas, Spots juga sudah mendukung semua kartu debit yang diterbitkan di Indonesia dengan terkhnologi chip terbaru, dan juga cash untuk melakukan pembayaran. Menarik sekali, bukan ?

2] Mempercepat closing

Seperti diatas saya terangkan, Mesin EDC GoPay ini mendukung berbagai macam pembayaran. Seperti Gopay, kartu debit dan juga cashless. Nah, jika misal saat bertransaksi, seorang pedagang masih memanfaatkan metode cash dan kebetulan tidak ada kembalian, pembeli akan menunggu sekian waktu dan ADA kemungkinan tidak jadi beli karena berbagai macam alasan. Misal karena gugup ataupun hal lainnya.

Nah, dengan Spots ini, pembeli dapat langsung membayar baik itu dengan cash, GoPay, ataupun debit. Sehingga proses perpindahan dana dari pembeli ke penjual jadi lebih cepat. Oiya, alat ini juga bisa digunakan untuk transaksi GoFood karena alat ini adalah bentuk kerjasama Gojek dan Spots.

3] Pencatatan omset jadi lebih mudah karena ada laporan spesifik

Dari kesaksian para pengguna Mesin EDC GoPay di channel youtube Spots, banyak pemilik UMKM merekomendasikan mesin kasir ini karena alat ini dapat mencatat transaksi secara detail dan spesifik dalam jam dan harian.

Pemilik UMKM juga akan menerima laporan transaksi melalui email. Dengan begitu, pengusaha tak perlu repot-repot melakukan rekapan seperti saat menggunakan buku catatan atau alat manual lainnya. Dengan diketahui berapa omset detailnya, pengusaha bisa melakukan evaluasi terhadap usahanya agar pendapatannya dapat terus meningkat.

4] Dapat mengetahui produk terlaris atau kurang laku

Dengan Mesin EDC GoPay ini, pemilik usaha bisa mengetahui produk atau varian mana yang paling laku dan kurang laku. Dengan begitu pengusaha bisa melakukan strategi terkait. Misal dengan menambah stock bahan baku untuk produk atau varian yang paling laku, atau melakukan inovasi baru pada produk yang kurang laku tersebut.

5] Meminimalisir tindakan kecurangan kasir

Foto: leaderchoiceinsurance.com

Dalam sebuah usaha, tentu ada saja pegawai nakal atau dalam hal ini kasir usil dan tidak jujur. Karena dalam hidup ada yang namanya baik dan buruk. Nah, untuk menghindari hal ini, Mesin EDC GoPay ini dapat meminimalisasi tindakan tersebut. Karena harga suatu produk sudah tertera dalam system spots, sehingga meminimalisasi tindakan curang kasir nakal.

6] Biaya operasional terjangkau

Mesin EDC GoPay ini memiliki biaya operasional terjangkau. Yaitu hanya Rp 4.900 per hari atau hanya sekitar Rp 150.000 per bulannya. Jika dibanding fitur-fitur yang dibawanya, semisal fitur rekap otomatisnya, tentu harga tersebut sebanding atau bahkan murah. Terlebih karena alat ini praktis hanya segenggaman tangan, sehingga mudah dibawa kemanapun.

Alat ini akan menggantikan pekerjaan pencatatan omset harianmu dengan cepat dan mudah. Kamu tak perlu lagi memikirkan pembukuan yang ribet, mencari kembalian, struk, mengetahui produk mana yang paling laku atau kurang laku, dan sebagainya.

Karena Mesin EDC GoPay ini dapat melakukan semua tugas tersebut. Ibaratnya ini adalah kasir cerdas namun rela digaji murah. Lah iya lha wong cuma 150.000 per bulan. Sekarang mana ada gaji kasir segitu dalam sebulan hehe. Dengan begitu dapat meminimalisasi pengeluaran dan pekerjaan pembukuan lebih cepat terselesaikan.

Nah, setelah usaha kalian dengan memanfaatkan Mesin EDC GoPay ini berkembang, kalian bisa melebarkan sayap agar dapat terus berkembang dan menciptakan lapangan kerja baru di berbagai kota di Indonesia.

Karena Spots sudah dapat digunakan di 15 ribu outlet yang diberbagai kota di Indonesia. Diantaranya seperti Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Bali, Pontianak, Pamekasan, Makassar, Sukabumi, Cianjur, Madiun, Kediri, Banyuwangi, Jember, Padang, Serang, Samarinda, Manado, Semarang, Surabaya, Medan, Batam, Jambi, Pekanbaru, Lampung, Palembang, Mataram, Solo, Bengkulu, Magelang, Wonogiri, Purwokerto, Kebumen, Malang, Sidoarjo, Cimahi, Tasik, Cirebon, Kudus, Demak, Tegal, Ungaran, Purwodadi, Situbondo, Wonosobo, Sumenep, Balikpapan, dan tentunya akan terus tersebar ke kota-kota lain di Indonesia.

Lalu, fitur apa aja sih yang ada di spots ini ?

1. Pengaturan menu

Disini kamu dapat input menu secara manual, mengatur jumlah foto, harga, serta kategori sesuai kebutuhan.

2. Terima pesanan Go Food

Pesan akan secara realtime masuk jika ada orderan dari GoFood. Berlaku untuk para partner GoFood yang sudah terdaftar

3. Terima berbagai macam metode pembayaran

Seperti diatas saya tuliskan, Mesin EDC GoPay ini dapat menerima pembayaran dari GoPay, kartu debit, cash, dan kedepan bakal ada kartu kredit

4. Mencatat bermacam tipe pembayaran

Mesin kasir ini dapat mencatat apa saja metode pembayaran yang paling sering dipakai pelanggan. Apakah itu GoPay, kartu debit, cash, atau kartu kredit

5. Cetak resi langsung

Mesin EDC GoPay ini dapat langsung mencetak resi saat transaksi selesai

6. Laporan harian

Dengan Spots ini, pemilik UMKM dapat mengetahui dan memantau omset harian yang terdapat di mesin EDC-nya atau lewat email yang dikirim setiap harinya

Terakhir, jangan lupa buat kepoin instagram Spots karena ada banyak tips menarik yang selalu update. Kamu juga bisa tahu kisah sukses pemilik UMKM bersama Spots ini. 

Kesimpulannya, perubahan jaman terus bergerak maju, dan perkembangan tekhnologi juga terus mengikutinya. Mereka yang adaptif dan cerdik memanfaatkan tekhnologi, potensi untuk unggul pun semakin cepat. Dalam konteks perdagangan, tekhnologi perekapan dan pencatatan keuangan juga turut andil meramaikan. Dan spots adalah salah satunya.

Dengan spots, pemilik UMKM tidak perlu lagi melakukan pembukuan manual karena sudah otomatis dilakukan oleh alat ini. Dengan alat ini, omset harian dapat diketahui dengan mudah. Dan yang tak kalah penting, pemilik UMKM bisa tahu produk atau varian mana yang kurang laku dan paling laku, sehingga dapat di evaluasi kembali untuk hasil yang lebih memuaskan. Terlebih dengan berbagai metode pembayaran yang beragam, akan memudahkan pembeli melakukan pembayaran.

Selamat berwirausaha 🙂

Bagikan biar yang lain tahu