Manfaat Pinjaman Modal Usaha untuk Bisnis – Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2017 di Amerika Serikat oleh Journal of Corporate Finance dengan pelaksananya Robert Cole dan Tatyana Sokolyk menunjukan, bahwa perusahaan yang memanfaatkan pinjaman modal usaha, memiliki keuntungan tiga kali lipat lebih besar ketimbang perusahaan yang tidak memanfaatkan pinjaman.

Penelitian yang melibatkan 5000 perusahaan dalam kurun waktu tiga tahun tersebut menjadi bukti bahwa betapa pentingnya sebuah modal usaha untuk mendukung kelancaran suatu usaha atau bisnis

Modal usaha baik itu dari pinjaman offline atau pinjaman online, dapat mengatasi berbagai permasalahan yang timbul. Misalnya seperti biaya operasional, biaya perawatan, pengadaan barang dan fasilitas, promosi, dan sebagainya.

Namun sayangnya masih ada atau bahkan banyak pebisnis yang kekeuh untuk tidak melakukan pinjaman karena takut tidak bisa membayar cicilan. Sehingga peluang yang ada pun bisa di ambil oleh kempetitor. Padahal jika kita pintar mengalokasikan dana, sebetulnya membayar cicilan mudah saja dilakukan.

Mungkin ada baiknya janganlah terlalu bersikap anti terhadap pinjaman modal usaha Karena beberapa manfaat dibawah ini bisa Anda dapatkan untuk perkembangan sebuah bisnis atau usaha yang Anda miliki.

1. Suntikan modal usaha untuk mengembangkan bisnis

 

Pengusaha mana yang tidak ingin bisnisnya berjalan lancar dan membuka banyak cabang. Tentu semua ingin  kan, ya ? Modal usaha baik besar ataupun kecil, tentu sangat bermanfaat untuk mengembangkan sebuah bisnis.

Suntikan modal yang ada bisa digunakan untuk mendukung kelancaran bisnis. Misal seperti penambahan alat-alat, menyewa kios, menambah stock dagangan, dan sebagainya. Dan yang paling umum pemanfaatanya yaitu untuk menambah stok dagangan. 

Baca juga : Jurus Mengelola Keuangan Ala Saya dan Terbukti Ampuh

2. Mendukung inovasi bisnis

Inovasi dalam sebuah bisnis itu penting agar dapat menghadirkan sesuatu yang baru dan unik, sehingga membuat banyak calon pelanggan penasaran dan ingin mencobanya. Misalnya dalam bidang usaha kuliner, jika dulu dulu hanya ada bakso biasa, saat ini banyak bermunculan dengan berbagai macam varian unik, semisal bakso beranak, kemudian muncul lagi bakso bola karena ukurannya yang sangat besar, bakso rusuk, dan banyak lagi yang lainnya.

Inovasi tersebut membuat industri kuliner mengeliat karena konsumen tertarik mencobanya. Walaupun harganya cukup menguras kantong dari puluhan ribu hingga jutaaan, namun banyak yang menyukai dan tak segan merogoh kocek dalam untuk memuaskan hasrat kulinernya.

Dan sekarang di tempat saya sedang trend mie ayam hotplate yang disajikan dalam piring panas. Dan tentu saja ini bikin orang penasaran. Dan kedepan entah inovasi apa yang akan muncul dalam industry usaha kuliner ini. Mereka yang terdepan adalah mereka berani dalam berinovasi.

Untuk itu dukungan pinjaman modal usaha menjadi penting agar sebuah bisnis dapat berinovasi. Dan dalam experimennya, tentu berbagai macam percobaan harus dilakukan agar hasilnya lebih menarik dan diburu pembeli. 

Baca juga : Sudah Coba QR Standar ? Berikut Testimoni UMKM beserta 4 Keunggulannya

 3. Perawatan peralatan dan alat-alat usaha

Dalam sebuah usaha, perawatan peralatan suatu usaha penting dilakukan agar fungsinya tetap berjalan dengan baik. Misalnya nih ya untuk sebuah usaha katering, perawatan berbagai macam peralatan seperti kompor, oven, mixer, dan sebagainya, penting dilakukan agar fungsinya berjalan normal dan baik.

Tentunya Anda tidak ingin, kan, saat pesanan sedang ramai, namun operasional terhenti dikarenakan hal sepele? Misal kompor rusak atau tangkai mixer patah. Bisa-bisa pelanggan kecewa karena pengerjaan yang telat. 

Baca juga : Berbagi Pengalaman Menjadi Konsumen Cerdas di Era Digital

4. Membantu dalam pengadaan barang

Saat sebuah usaha sedang maju-majunya dan produknya banyak diburu pembeli, namun fasilitas yang ada tidak dapat memenuhi. Nah, dalam hal ini pinjaman modal memajuka sebuah usaha baik pinjaman offline atau pinjaman online berperan penting.

Bantuan dana dapat digunakan untuk membeli berbagai macam peralatan dalam sebuah bisnis. Misal untuk sebuah usaha kue, mereka bisa menambah jumlah mixer, oven, kompor, mesin kasir, peralatan paking seperti dus, ataupun jumlah karyawan, dan sebagainya. Dengan begitu omset sebuah usaha dapat dinaikan dengan adanya peralatan baru yang dibeli. 

5. Arus kas jadi lancar

Saat bisnis baru dimulai dan belum terlalu mendapatkan keuntungan, pinjaman modal ini dapat menopang keberlangsungan sebuah bisnis. Nantinya modal tersebut dapat menjadi jembatan keberlangsungan hingga bisnis mendapatkan keuntungan. Misalnya biaya operasional, membayar karyawan, dan sebagainya, selagi masih dalam proses permulaan. Dan itu adalah cara agar tetap bertahan di awal bisnis baru berjalan. 

6. Membantu berpromosi 

Dalam sebuah bisnis, promosi adalah hal wajib yang harus dilakukan agar orang-orang tau akan produk yang sedang dipromosikan. Baik untuk bisnis baru ataupun yang sudah berjalan.

Untuk sebuah usaha kuliner, mereka bisa memanfaatkan pinjaman usaha untuk berpromosi lewat spanduk dan banner yang bisa di pajang di pinggir jalan. Semakin banyak jumlahnya, tentu semakin banyak yang tau keberadaan sebuah usaha. Sedangkan untuk usaha online, mereka bisa menyewa jasa pembuatan website untuk mempromosikannya secara online.

Setelah kita mengetahui manfaatnya, kemudian beberapa hal terkait pinjaman modal dibawah ini juga penting diketahui.

1. Kapan waktu yang pas dan tidak pas untuk mengajukan pinjaman ?

Sebenarnya melakukan pengajuan modal usaha bisa kapan saja dilakukan. Namun untuk memastikan kapan waktu yang benar-benar pas, tiga hal berikut ini bisa menjadi acuan.

1. Saat sebuah bisnis berada di ambang kekurangan dan harus dipenuhi beberapa kebutuhannya, adalah saat yang tepat untuk melakukan pengajuan modal usaha, agar iklim bisnis lancar kembali, dan juga untuk menghindari terganggunya arus kas.

2. Jika grafis perkembangan bisnis dirasa hanya berjalan ditempat atau bahkan turun, mungkin saatnya meningkatkan pemasaran produk atau mungkin riset pasar baru.

3. Apakah bisnis Anda menemukan ide baru, wilayah baru, atau mungkin target market yang baru ? Jika demikian maka pinjaman modal bermanfaat untuk melakukan riset, atau uji coba yang panjang, untuk ekpansi bisnis yang lebih luas. 

2. Beragam pilihan institusi yang memberikan pinjaman modal sebuah usaha 

Saat ini kita mengenal pemberi pinjaman modal yaitu bank konvensional dan juga fintech. Untuk bank, dilakukan secara konvensioanl dengan langsung dan membawa kelengkapan persyaratan yang dibutuhkan. Sedangkan fintech, umumnya kita akan berinteraksi melalui sebuah platform.

Antara bank dengan fintech memiliki perbedaan yang signifikan. Dalam hal suku bunga, suku bunga bank relatif lebih rendah ketimbang yang diterapkan fintech pada umumnya. Namun masih dalam konteks wajar.

Kemudian pengajuan di bank juga memiliki waktu yang lebih lama ketimbang platform fintech. Karena fintech dapat memberikan akses ke lebih banyak pihak untuk berkenalan dengan bisnis kita secara lebih mendalam. Sehingga keputusan yang didapat untuk untuk meminjamkan modal bisa lebih matang.

Selain itu, bank juga harus melakukan survey terlebih dahulu kepada peminjam modal untuk mengetahui lebih secara terperinci mengenai sebuah usaha atau bisnis dari peminjam modal.

3. Jangan asal ambil pinjaman

Saat akan melakukan pinjaman modal baik itu pinjaman offline atau pinjaman online, baiknya cermati dulu sekredibel apa institusi yang akan memberikan modal usaha. Karena alih-alih menyelesaikan masalah, yang ada malah mendatangkan masalah.

Institusi yang sudah terdaftar dan terawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan adalah pilihan cerdas. Karena institusi yang sudah terdaftar di OJK, dalam operasionalnya sudah diawasi sehingga aman dan terpercaya.

4. Memilih Aspire untuk pinjaman modal bisnis Anda

Bagi Anda yang kesulitan mencari pinjaman modal usaha, Aspire adalah aplikasi perbankan terbarukan yang selalu terbuka menyediakan pinjaman modal bagi pelaku bisnis. Bukan hanya fleksibel dalam hal nominal pinjaman, Aspire juga fleksibel dalam hal persyaratan pengajuan modal usaha.

Aspire menawarakan kredit berbunga rendah dan pembayaran secara berkala. Selain persyaratan yang lebih mudah, jejak transaksi juga terekam dalam aplikasi. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mendaftar akun Aspire dan ikuti langkah langkahnya dan pinjaman pun siap diterima.

Aspire sendiri di dirikan oleh mantan Excekutif Lazada pada 2018 lalu dengan tujuan membantu pemilik bisnis dalam melancarkan usahanya, agar tak terkendala dalam hal arus kas. Dan hingga saat ini, Aspire tersebar di 4 (empat) negara, yaitu Indonesia, Singapura, Vietnam, dan Thailand.

Sekiranya itulah manfaat yang bisa suatu bisnis  dapatkan dari pinjaman untuk usaha baik pinjaman online atapuun offline. Bersikap anti terhadap pinjaman sepertinya bukan hal yang tricky bagi sebuah bisnis.

Karena bagi seorang pebisnis sukses, cerdas dan pandai dalam mengatur keuangan adalah hal wajib. Mereka paham cara apa yang harus dilakukan agar bisnis berjalan lancar. Dan seperti di awal saya tuliskan, banyak pebisnis sukses setelah memanfaatkan pinjaman .

Sumber refferensi artikel :

https://csulfinance.com/id/edukasi/read/7-manfaat-pinjaman-modal-usaha-yang-penting-untuk-anda-ketahui

https://blog.id.aspireapp.com/memilih-pinjaman-modal-usaha-untuk-bisnis-yang-tepat/

Semua gambar : Pixabay

 

Share This