Belakangan ini tempat wisata di Kebumen semakin hari semakin banyak saja yang bermunculan. Dan panoramanya begitu menarik untuk di kunjungi walaupun hanyalah wisata buatan. Seperti beberapa waktu yang lalu saat saya berkunjung ke wisata buatan bernama di Poncowarno Kebumen. Walaupun hanya wisata buatan, tapi pengunjungnya cukup banyak karena tempatnya menarik.

Untuk wisata lain yang paling terkenal di Kebumen hingga saat ini yaitu Pantai Menganti. Pantai ini letaknya di selatan Kebumen, tepatnya di Desa Karang Duwur, Kecamatan Ayah, Kebumen. Kalau dari Gombong bisa jalan terus ke arah selatan. Pantai ini airnya lumayan besih, terdapat banyak batu batu karang yang membuatnya semakin indah. Karena keindahannya, tidak heran jika Pantai Menganti juga disebut sebagai Raja Ampatnya Kebumen.

Dan yang paling menarik adalah karena ikan ikanya masih banyak. Bahkan bulu babi yang beracun pun masih ada. Tempat wisata di Kebumen itu banyak. Selain kedua tempat tersebut, ada 3 tempat wisata keren yang ingin saya kunjungi di Kebumen, di antaranya :

1] Curug Wadasmalang

Sudah sejak lama saya ingin berkunjung ke Curug Wadasmalang karena pesona air terjunya sangat menarik. Alasan saya datang kesini yaitu karena saya melihat postingan di IG tentang wisata ini.

Curug Wadasmalang berlokasi di Kecamatan Karangsambung, Kebumen bagian utara. Dari kecamatan Alian bisa jalan terus ke arah utara jalur Wonosobo sampai mentok. Nanti kalau sudah ketemu papan penunjuk ke Curug ini kalian bisa turun. Untuk sampai kesana kalian harus menyusuri hutan dan persawahan.

Baca juga : Pengalaman Berkunjung ke 8 Tempat Wisata di Kebumen – Panduan Akurat untuk Anda yang akan Berwisata ke Kebumen

Saat saat yang pas untuk datang kesini yaitu setelah sehari atau dua hari hujan, jadi airnya lumayan dan debitnya airnya lumayan banyak. Kalau saya lihat, di bagian bawah air terjun ini cukup cetek atau dangkal.

Tidak ada kedung (sejenis kolam dalam) seperti di Curug Silangit di belakang rumah saya. Jadi lebih aman untuk bisa berfoto pas di bawah air terjunya. Apalagi karena pas di bawahnya terdapat gundukan batu besar yang akan memantulkan air terjunnya, menjadikan sangat menarik untuk di kunjungi.

2] Curug Gemawang

Selain Curug Wadasmalang diatas, di Kebumen juga ada Curug Gemawang yang lokasinya berada di Desa Kaliputih Kecamatan Alian. Curug ini berada dekat dengan Bendungan Wadaslintang dengan jarak sekitar 5 km.

Baca juga : Kupas Tuntas Wisata Air Terjun Coban Rondo Malang. Lebih dari Sekedar Air Terjun

Menurut info yang saya dapat, Curug Gemawang ini masih tersembunyi keberadaannya dan tak banyak orang yang tahu. Oleh karena itu jika Anda akan berkunjung kesini, mintalah petunjuk dengan warga sekitar agar bisa sampai ke tempat tujuan.

Kontur atau bentuk Curug ini hampir sama dengan Curug Wadasmalang, karena bagian pas jatuhnya air terdapat batu besar yang bisa digunakan untuk berswafoto. Berkunjung kesini setelah hujan pastinya akan sangat menarik karena debit airnya besar.

3] Waduk Jembangan

Waduk Jembangan ini baru beberapa tahun dibuka. Kata teman saya tempat ini sangat menarik untuk di kunjungi. Karena selain wisata air berkeliling danau seperti di Waduk Sempor Gombong, atau bermain bebek air, disini juga terdapat kebun binatang mini.

Oiya, yang tak kalah menarik adalah karean disini kalian juga bisa nongkrong nongkrong di restonya yang letaknya berada di atas air. Lengkap dengan saung saungnya. Menarik sekali, bukan ?

Furnitur bangku dan meja restoran yang terbuat dari kayu juga membuatnya sangat menarik untuk berswa foto. Menikmati makanan di atas air sambil melihat indahnya danau, melihat ikan ikan berenang di danau pastinya sangat mengasikan. Waduk Jembangan ini berada di Desa Ponowarno Kabupaten Kebumen.

Dan kabar baiknya, saya sudah pernah berkunjung ke Waduk Jembangan Kebumen ini. Dan tempatnya memang sangat menarik. Cocok sekali untuk wisata keluarga membawa anak-anak.

Untuk menuju kesini, kalian bisa lebih mudah dengan motor atau mobil. Namun jika kalian datang dari jauh dengan angkutan umum, ada banyak bus pastinya yang bisa Anda gunakan, misal bus sumber alam.

Kalian bisa turun di terminal bus Kedung Bener jalur selatan atau terus saja sampai melewati Kecamatan Selang, kemudian turun dan naik ojek. Tenang, ojek online banyak ko di Kebumen, jadi aman deh hihihi. Masih bingung juga ? kan ada GPS di hp mu buat tracking lokasi, ya kan ?.

Nah, itulah ketiga tempat wisata yang ingin saya kunjungi di Kebumen, tempatnya sangat seru dan sangat menarik. Selamat berwisata 🙂